Udah lama ga ngepost n diprotes sama pacar tersayang karena ga pernah update blog –a. Baru tadi sih nemu satu lagi kehebatan facebook. Jadi ceritanya gw lagi mau send message ke salah satu user di friends list gw. Gw mau sharing link, linknya ini http://www.facebook.com/album.php?aid=56198&id=660019038&ref=mf#/photo.php?pid=1314333&id=660019038.

Nah, kan gw klik “Send Message” dan AJAXed message composer window pops up like this

post12

Terus, gw paste link di atas di message body dan tak berapa lama facebook secara spontan mem-parsing link tersebut dan melakukan proses attaching

post21

Taraa!! Facebook merecognize link itu sebagai salah satu link internal facebook (picture link) dan sudah embedded di dalam message sebagai attachment

post31

Gokil men, keknya tiap action di editornya dia di-parse gitu. Tapi, masak mungkin sih tiap sekian detik facebook nge-parse isi editornya? Gila aja bisa ada berapa user online di saat bersamaan yang lagi pake editor? Paling mungkin sih kayaknya pake javascript buat parsing secara local di client abis itu kalo ketemu baru dia ngirim request ke server. Sakti beneran ni engine… *sembah*