Setelah penantian panjang selama 11 tahun, akhirnya TOKI kembali meraih medali emas di ajang International Olympiad in Informatics ke-20 di Kairo, Mesir yang dipersembahkan oleh Irvan Jahja, siswa kelas XII SMA St. Aloysius, Bandung dengan perolehan poin 361. Medali emas ini diiringi dengan perolehan 3 medali perunggu masing – masing oleh Reinardus Surya Pradhitya (SMA Kanisius Jakarta) 213 poin, Petrus Risan (SMAN 1 Tangerang) 184 poin, dan Listiarso Wastuargo (ex. SMAN 3 Yogyakarta, STEI ITB 2008 ) 153 poin.

Sebelumnya, TOKI terakhir kali memperoleh medali emas di ajang IOI ke-9 di Cape Town, Afrika Selatan atas nama Andi Kurnia dari SMA Kanisius Jakarta. Hasil ini juga melanjutkan tradisi dari tahun 2007 lalu di mana semua peserta pulang dengan leher berbobot :p. Sejauh ini, TOKI sudah memperoleh 2 medali emas, 9 medali perak dan 15 medali perunggu.

Dalam ajang IOI ke-20 ini juga terjadi trend meningkatnya kesulitan soal yang diberikan. Hal ini diindikasikan dengan rendahnya batas poin untuk tiap medali, perunggu 127 poin, perak 230 poin dan emas 360 poin.

Terlepas dari itu, saya ingin mengucapkan selamat kepada TOKI 2008 atas hasil yang diperoleh. Tak terlupa juga apresiasi setinggi – tingginya kepada segenap pembina TOKI: Pak Suryana, Pak Adi, Pak Julio dan Pak Ilham serta rekan – rekan mahasiswa alumni TOKI di UI, ITB, UGM, Binus, NTU, NUS dan Stanford yang telah mengabdi dengan penuh dedikasi demi perkembangan TOKI sampai sejauh ini. Sekali lagi selamat dan terima kasih.

Related links :