Udah lama ga ngepost nih. Jadi sepi blognya. Hehe.. Maklum ribet sama CC Cup n Try Out – Try Out Ujian Nasional yang udah mulai. Neraka sekolah yang sebenarnya. Tapi, di sela – sela kesibukan itu, gw merasa tersentil untuk melakukan 1 hal yang pernah gw lakukan 1 tahun yang lalu, tetapi kandas. Sebenarnya ga kandas juga sih. Udah sukses sampe finishing, bahkan basic foundation-nya udah mantep. Tapi, karena satu hal yang sebenernya sangat idiot bagi para programmer. Hal apa itu? Dan apa yang sangat idiot? Yak, itulah proyek http://www.kanisius.edu !! Proyek yang awalnya keren, tapi grafiknya menurun lalu kemudian hadirlah pencerahan dan kembali jadi keren.

Jadi, awal ceritanya begini. Pada pertengahan tahun 2006, ada kunjungan dari Loyola Academy, Chicago, USA ke SMA Kanisius selama + 1 minggu. Loyola Academy itu juga salah satu kolese Yesuit di USA. Yang mewakili waktu itu ada 2 orang, Ms. Gina Gnoffo (sorry about misspelling), biology teacher dan Mr. Timothy Sassen, IT Staff di sana. Nah, kebetulan pada saat itu SMA Kanisius lagi memerlukan tenaga untuk membangun kembali websitenya. Jadilah Mr. Tim ngasi tutorial sebagai bekal buat bangun website. Beliau waktu itu ngajarin buat pake Adobe GoLive. Waktu itu, awalnya kalo ga salah ada sekitar 6 orang yang berminat buat bangun website tersebut. Orang – orangnya itu gw, Leon, Piendhy, Dwika, Anthony n Diaz. Kami pada awalnya niat banget buat bangun web itu. Tapi, karena kita kebanyakan anggotanya dari kelas XI waktu itu jadi kebentur sama kesibukan – kesibukan di kelas XI. Thus, sampe akhir 2006 proyek ini terbengkalai n orang – orangnya pada kabur2an n tinggal gw, Leon n Piendhy yang masih bertahan.

Lalu, setelah ditagih – tagih sama Pak Maulidin kita mulai mikir. Kayaknya kalo kita bangunnya page per page bakal lama banget. Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan kita mutusin buat pake CMS (Content Management System) Drupal. Alasannya, selain lebih cepet buat nambah content jadi sebuah web yang lengkap, fitur – fitur yang disediakan SANGAT lengkap.  Yang ribet tuh waktu bikin theme-nya. Kan ga mungkin dong kalo kami pake theme default yang disediain drupal. Jadi, kami bikin theme sendiri hasil design sendiri. Mungkin untuk masalah design ga gitu ribet, tapi masuk ke bagian core code-nya. BEH. Makan ati. Yang paling sakit tu waktu gw n Leon ngutak – ngatik core buat bikin drop down menu. Itu capeknya cuy…. Ampun…. Tapi akhirnya jadi. Dan dari situ berarti website sudah siap dan tinggal nambah content.

Langsung ga sampe seminggu setelah itu gw kontek pengurus – pengurus exkul buat masukin profile tentang exkul mereka. Udah lumayan banyak yang masuk, terhitung basket, badminton, Canibreak, CEF, Canicomp, CSC dan Canilens serta banyak lagi udah masukin content mereka. Bahkan foto – foto kompleks CC udah masuk. Lengkap n tinggal ngelanjutin aja. Tapi, sempet stop karena ud mendekati akhir taun ajaran n jadi sibuk sama akademik lagi. Jadi, kami sepakat buat recess dulu. Sampe akhir tahun ajaran proyek ini stop lagi. N kami mutusin mending rekrut anggota baru dari divisi web developer Canicomp. Lalu, musibah datang.

Kejadiannya itu sekitar bulan Juli – Agustus waktu gw masi di Pelatnas IOI 2007. Gw waktu itu iseng – iseng mo buka kanisius.edu, tapi kok ga muncul? Yang ada malah tampilan kek di FTP Server. Gw awalnya ga gitu curiga, mungkin inet UI yang emang ngaco. Oia, FYI gw pelatnas di Universitas Indonesia.  Tapi, sampe setelah gw pulang dari IOI 2007 itu web ga beres2 juga. Dari situ gw sadar ada yang ga beres sama servernya. Sampe suatu ketika Pak Maulidin ditanya sama Br. Andre masih punya backup database kanisius.edu apa ngga. Trus difollow-up ke gw pertanyaannya.

THE MOST IDIOT THING IS :

KAMI SEMUA GADA YANG NYIMPEN DATABASE DUMPNYA !!!!!!!

Bagus kan? Hebat. Tapi, kami ga bisa disalahin juga. Wong yang tau password servernya cuma Pak Maulidin seorang. Kita ga tau apa2. Lah, gimana caranya mo backup kalo password ga punya? Jadilah hilang semua kerja keras kami…😦

Nah, sekarang gw mo restart lagi proyek ini? Apa continue? Karena sebenernya templatenya masih ada (Puji Tuhan) walaupun ga sesempurna yang ud di-upload n perlu sedikit dipoles. Tapi, gapapalah. Tugas anak2 webdev buat develop kanisius.edu. Hehe…