Udah lama ga ngepost gilak. Maklum sibuk abis 80 taunan, trus lanjut APICTA, trus langsung dihajar ulangan umum semester 1. Jadi agak males ngepost. Hehe.

Gw sekarang mau ngomongin yang selalu jadi pengisi waktu libur akhir tahun gw, Need For Speed. FYI, ini game selalu dirilis serialnya tiap akhir tahun, sekitar November gitulah. Gw pertama kali maen seri Need For Speed Underground 2. Trus gw ketagihan n lanjut ke Most Wanted, Carbon n sekarang ProStreet.

 ProStreet

Menurut gw, seri ProStreet ini merupakan evolusi dari seri – seri sebelumnya. Beberapa perbedaannya adalah :

  • Mobil bisa rusak, ga kayak seri – seri lalu yang ga bisa rusak bahkan bisa nabrak mobil polisi di kecepatan 400 km/h tanpa cacat sama sekali. Di sini, rusak == bayar😦.
  • Visual appearance affects car’s performance. Ya, di sini segala bentuk tambahan wing, spoiler atau perubahan sekecil apapun termasuk diameter velg mempengaruhi performa. Kayak misalnya kalo kita tambah spoiler di mobil maka mobil akan menjadi lebih stabil di kecepatan tinggi karena downforce bertambah.
  • KATANYA sih campuran antara arcade games n simulation games. Ga tau deh simulasinya dimana. Mungkin karena kita masih ga harus injek kopling buat start mobil. Tapi ada mode kopling si di drifting n drag.

Sekarang gw mau cerita jalan cerita gamenya. Jadi, awalnya tuh ada orang namanya Ryan Cooper. Dia tuh kek pemula gitu di dunia street racing resmi. Trus, ada yang ga seneng gitu sama si Ryan ini karena ngerasa popularitasnya terancam sama newbie macem Ryan gitu. Namanya Ryo Watanabe. Dia ngaku – ngaku sebagai pembalap paling jago gitu. Nah, di situlah awal gamenya. Kita bermain sebagai Ryan Cooper. Kita, seperti biasa, harus menangin seri – seri balapan supaya kita bisa ngelawan si Ryo ini. Ada 3 section, yaitu :

  • Tier 1: Battle Machine, paling cupu deh pokoknya. Ga gitu susah tapi duidnya juga kecil. Balapannya cuma ada drag, grip n drift.
  • Tier 2: React Team Session, udah mule rese musuh – musuhnya. Muncul balapan baru yang namanya Speed Challenge. Ini balapan yang paling rese gw bilang.
  • Tier 3: Super Promotion, section paling akhir, paling susah paling makan ati. Duidnya udah mule royal. Loe harus udah nemuin mobil terbaik dengan spek tertinggi untuk tiap mode balapan di section ini. Karena apa? SUSAH!

Di antara tiap tier/section ini ada yang namanya Showdown. Ini tu kayak event balapan buat pindah ke kasta yang lebih tinggi gitu. Selain itu, di awal tiap tier pasti bakal ada 1 event balapan yang rewardnya mobil gratis. Tapi ga cuma di awal, di tengah – tengah tier juga bisa ada event serupa.

Si Ryo ini sebutannya Showdown King. Ga tau kenapa, tapi si kayaknya karena dia paling jago gitu di Showdown. O iyah, selain Showdown King, ada 4 King laen, yaitu:

  • Grip King: Ray Krieger, mobilnya BMW M3 E92
  • Drift King: Aki Kimura, mobilnya Mazda RX-7
  • Drag King: Karol Monroe (kenapa namanya itu? -_-“. Cewek lagi….), mobilnya Ford Mustang Shelby GT500
  • Speed King: Nate Denver, mobilnya ’67 Pontiac GTO.

Selama kita menjalani ketiga tier itu, kalo kita break track record sebanyak 10 kali untuk masing – masing tipe balapan, kita bisa mulai menjalani challenge series buat ngalahin keempat King itu. Kira – kira ada 3 event balapan sebelom kita bisa ngelawan King. Kalo menang, kita bisa dapet duid 50.000 n mobilnya si King yang kita kalahin. Gw akuin, seriesnya susah – susah. Paling susah tuh Speed, trus Grip, Drift baru Drag paling gampang. Meskipun susah seriesnya, tapi pas ngelawan Kingnya tuh yah gw kasi tau. MEREKA TU CUPU. Menang ngomong doang padahal mobilnya jelek n skillnya ampas. Paling mending si Drift King yang agak – agak expert lah. Sisanya jelek banget. Sebagai gambaran, masak gw overlap si Ray Krieger? Jelek amat deh.

Trus, di tiap tier ada beberapa event balapan yang harus kita WIN atau DOMINATE supaya kita bisa ikut Showdown. Apa sih bedanya Win and Dominate? Begini, tiap event itu mengandung beberapa race. Jenisnya bisa macem – macem dari keempat mode balapan tadi. Nah, tiap kali kita selesai ikut race itu ada pointnya buat kita tergantung dari hasil yang kita peroleh di race tsb. Makin tinggi peringkat kita di race tsb tentu makin besar point yang kita dapet. Kalo akumulasi point kita udah ngelewatin batas WIN, maka kita menang. Kalo akumulasinya bisa ngelewatin batas DOMINATE maka kita dominasi event tsb. Batas WIN sekitar setengah dari batas DOMINATE. Misal batas DOMINATE tuh 42000, batas WIN sekitar 21000. Kalo kita WIN atau DOMINATE, kita menang sejumlah uang yang beda – beda tiap eventnya n dikasi kesempatan buat nembak marker. Ada 5 marker yang disediain. Kita ga tau jenis marker apa yang ada di antara 5 pilihan itu. Kita pilih 1 tiap kita WIN n DOMINATE. Jenis marker yang bisa kita dapet ada macem – macem:

  • Free Progressive Repair Marker: buat nambahin repair marker kita tiap kali balapan. Repair Marker fungsinya buat betulin mobil kita kalo rusak berapapun biayanya.
  • Free Progressive Total Repair Marker: sama kayak atas, cuma marker ini buat ngebetulin mobil kita kalo rusak total (totaled).
  • Money Marker: tambahan duit, ada 2500, 5000, 7500 n 10000.
  • Parts Marker: ngasi parts – parts mobil secara gratis.
  • Free Car Marker: ini yang paling gw suka. Marker buat beli mobil dari Car Lot tanpa bayar. Ini yang paling langka. Gw hoki 3 kali dapet marker ini :p.

Kalo kita udah ngalahin kelima King tersebut (termasuk Ryo), kita bakal dapet title Street King. Saat itulah gamenya selesai. Tapi kalo niat boleh si nyelesain sampe 100% complete. Hehe…

Gw sekarang udah jadi Street King n 100% complete. N dari situ gw mau ngasi kesimpulan. Ada kelebihan dan kekurangan dari game ini. Kelebihannya yaitu:

  • Realistis. Mobil nabrak ya rusak. Nambah sayap ya nambah berat.
  • Grafiknya jempolan. Tapi tentu harus dengan graphic card mumpuni.
  • Gameplay menarik. Beda dari seri – seri sebelumnya.
  • Koleksi mobilnya lebih banyak, jadi ga bosen.
  • Karakter tiap mobil variatif, ga seragam. Bisa aja muscle car macem Viper punya handling bagus.

Kekurangannya:

  • Gada Free Roam mode. Kita total bawa mobil cuma saat kita balapan.
  • Gamenya cukup panjang n gw si rada males buat ngulang lagi.
  • Kan di seri – seri dulu tamatnya keren gitu. Di sini ngga. Cuma ada FMV (Full Motion Video) simpel yang ngasi tau kalo kita udah ngalahin King ini ato jadi Street King. Ga asik deh endingnya

Jadi, buat mereka yang mengharapkan game racing yang liar kek macem Carbon ato Most Wanted, jangan beli game ini karena loe pasti bakal kecewa berat. Ini total balapan resmi n gada lagi Sergeant Cross. Tapi, kalo buat mereka yang nyari nikmatnya tuning mobil balapan bener – bener balapan kek DTM, NHRA, D1GP ato balapan turing, inilah tempatnya.