canicomp_transparent.gif

Hari Kamis besok, 4 tim programming dari CC bakal berlaga di ajang CC@G 8 (Computer Competition @ Gonzaga 8, ga ada hubungannya sama sekali sama CC ^^). Kalo buat Canicomp divisi lomba ini sih kayak semacam lomba permulaan, biar bibit – bibit baru tau rasanya dan suasana lomba programming kayak apa. Jadi, sejujurnya si kita ga terlalu mengharap mereka bisa juara 1, yang penting anak – anak baru bisa tahu apa yang akan mereka hadapi nanti sebagai tim programming CC. Tahun ini cuma ngirim 8 orang, atau 2 orang dalam tiap tim, padahal tahun – tahun sebelumnya bisa ngirim 3 orang tiap tim. Agak dirugikan juga si dengan sistem baru ini, jadi makin sedikit orang yang bisa digembleng dalam sekali waktu. Dan tahun ini juga ga ada kebijakan senior ga boleh megang keyboard, sebab ada pengalaman buruk dengan itu. Begini ceritanya…

Jadi, pas persiapan buat CC@G 7 lalu, CC ngirim 4 tim juga. 3 tim didampingin senior jebolan OSN 2007, sisanya tim junior semua yang pendaftarannya di luar sepengatahuan divisi lomba Canicomp. Kasus ini terjadi buat 3 tim bentukan divisi lomba Canicomp itu. Buat 3 tim itu, gw kasih order ke senior buat ngelepas keyboard dan cuma boleh bantu – bantu mikir, tapi ga boleh koding. Gw kira itu paling juga dilanggar sama anak – anak senior. Tapi dasar mereka anaknya penurut, diturutin beneran pas lomba -_-“. Tau ga jadinya apa ? Junior malah kelabakan karena baru sekali itu liat lomba programming, yang senior juga cuma bisa ngasi – ngasi ide doang dan malah distract anak – anak junior. Hasilnya jelas, dari 3 tim itu ga ada satu pun yang bisa ngerebut juara, bahkan juara 3. Dari situ, gw kapok deh intervensi proses kerja sama dalam tim, biarkan mereka berjuang dengan caranya sendiri sekaligus mendidik anak – anak baru buat menikmati suasana lomba programming.

Nah, buat tahun ini jadinya gada lagi kebijakan kayak gitu. Memang bener ini cuma ajang latihan doang, tapi ga enak juga sama Pater Sigit udah keluar duit banyak buat pendaftaran. Jadi, semoga mereka bisa serius dan all-out deh serta yang terpenting goal utama tercapai, anak – anak baru bisa ngerasain suasana lomba programming yang sebenarnya kayak apa dan memetik pelajaran yang bermakna.

Dan juga terima kasih sebesar – besarnya buat SMA Kolese Gonzaga khususnya Gonzaga Computer Club yang secara konsisten dari tahun ke tahun mengadakan acara ini. Tanpa event ini, mungkin Canicomp Divisi Lomba ga akan seperti saat ini, sebab perjuangan tim programming CC bermula dari kompetisi ini. Terima kasih SMA Kolese Gonzaga.

Akhir kata, selamat berjuang buat Hartman, Michael James, Adhit, Henry, Leon, Christianto (sodara gw neh !), Edwin, n Vincentious. Ad Maiorem Dei Gloriam…..